Pengertian dan Sejarah Komputer Generasi Pertama Sampai Sekarang

Info Teknologimu - Teknologi berkembang begitu cepat dan mengembangkan berbagai ilmu telah dimulai. komputer pada awalnya sangat besar, sekarang sangat kecil dibandingkan dengan pertama kali dibuat komputer. mulai generasi sekarang ini teknologi yang membuat kita lebih dimanjakan, Mahakuasa komputer dan pekerjaan kami adalah sangat membantu dengan berbagai keuntungan. dalam artikel ini akan membahas arti dan sejarah generasi pertama komputer Up Now didiskusikan secara menyeluruh di bawah ini :

PENGERTIAN KOMPUTER :

Komputer berasal dari bahasa Latin yaitu computare yang berarti menghitung.

Definisi komputer menurut para ahli :

Ø V. Carl Hamacher

Komputer Mesin Hitung cepat elektronik dan dapat menerima masukan informasi digital, maka proses sesuai dengan program yang disimpan dalam memori, dan menghasilkan output informasi

Ø Robert H. Blissmer

Komputer adalah perangkat elektronik yang mampu melaksanakan beberapa tugas sebagai berikut:

-Menerima masukan

-Pengolahan masukan sesuai dengan program

-Memelihara perintah-perintah pengolahan

-Menyediakan output berupa informasi

Ø William M. fuori

Komputer ini pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar dengan benar, termasuk operasi aritmatika dan logika tanpa campur tangan manusia.

Sejarah komputer

Komputer generasi (1940-1959)

Elektronik numerik Integrator dan kalkulator (ENIAC) adalah generasi pertama komputer digital elektronik digunakan untuk umum kebutuhan. ENIAC dirancang oada Pgamroposal 1942, dan mulai dilakukan pada tahun 1943 oleh Dr. John W. Mauchly dan John Presper Eckert Moore sekolah teknik elektro (University of Pennsylvania) dan selesai pada 1946.

ENIAC adalah sangat besar, untuk penempatan memerlukan 500m 2 ruang. ENIAC digunakan 18,000 tabung vakum, Relay dan switch 75.000, 10.000 capacitors, resistors dan 70.000. Ketika dioperasikan, ENIAC memerlukan daya listrik 140 kilowatt dengan berat lebih dari 30 ton, dan menempati 167 m2 ruang.

Von Neumann mesin

Mesin ini dikembangkan oleh seorang ahli matematika bahwa John Von Neumann yang juga ENIAC proyek kosultan. Mesin ini dikembangkan mulai tahun 1945, yang memberikan ide disimpan - program konsep, yaitu konsep untuk menyederhanakan proses sehingga program dapat diwakili dalam bentuk yang sesuai untuk penyimpanan dalam memori untuk semua data. Ide ini juga dibuat hampir pada saat yang sama dengan Turing. Von Neumann kemudian mempublikasikan nama baru, yaitu: Electronic Discrete Variable komputer (EDVAC).

Semua input dan output dilakukan melalui plong kartu. Dalam satu detik, ENIAC mampu melakukan 5.000 perhitungan dengan 10 - digit nomor yang bila dilakukan secara manual oleh manusia akan mengambil 300 hari, dan ini adalah waktu tercepat operasi dibandingkan dengan komputer mekanis lainnya. ENIAC dioperasikan hingga 1955. Teknologi yang digunakan adalah penggunaan dari tabung vakum ENIAC digunakan oleh rudal Army penelitian laboratorium (laboratorium penelitian ilmu balistik Angkatan Darat - LBR) Amerika Serikat.

Selain itu mesin ini dibangun kembali dengan perbaikan pada tahun 1947, yang disebut sebagai generasi pertama komputer elektronik diprogram modern yang disediakan secara komersial sebagai EDVAC, EDSAC (elektronik penundaan penyimpanan otomatis Kalkulator), dan UNIVAC1 dan 2 (Universal otomatis komputer) yang dikembangkan oleh Eckert dan Mauchly. Untuk pertama kalinya komputer menggunakan Random Access Memory (RAM) untuk menyimpan bagian-bagian dari data yang diperlukan dengan cepat.

Dengan bahwa John Von Neumann konsep dijuluki sebagai ayah dari konsep pertama dunia komputer modern ini masih digunakan hari ini. John Von Neumann lahir di Budapest, Hungaria 28 Desember 1903 dan meninggal dunia pada tanggal 8 Februari 1957 di Washington DC, USA. Von Neumann adalah sangat pintar matematika dan angka. Pada usia eman tahun ia mampu menghitung distribusi delapan digit angka tanpa menggunakan kertas atau alat lainnya. Pendidikannya dimulai di Universitas Budapest pada 1921 dengan bidang kimia. Tetapi kemudian ia kembali ke nya favorit, matematika, dan gelar doktor di matematika selesai dibangun tahun 1928. pada tahun 1930 ia mendapatkan kesempatan untuk pergi ke Universitas Princeton (USA). Pada tahun 1933, Institut studi lanjutan dibentuk dan ia menjadi salah satu dari enam Matematika profesor di sana. Von Neumann kemudian menjadi warga negara Amerika.

Von Neumann juga adalah orang pertama yang menciptakan istilah "Teori permainan" yang kemudian berkembang menjadi ilmu tersendiri. Teori permainan ini berguna untuk Simulasi Permainan, catur, jembatan dan sejenisnya. Dia juga berguna untuk mensimulasikan perang.

Komputer Komersial Pertama


Dalam pertengahan 1950-an UNIVAC kemajuan dalam beberapa aspek dari lanjutan pemrograman, jadi komputer untuk keperluan umum pertama yang dirancang untuk digunakan baik angka dan huruf dan menggunakan pita magnetik sebagai media input dan output. Ini dikatakan kelahiran industri komputer didominasi oleh IBM dan Sperry. UNIVAC komputer pertama kali digunakan untuk tujuan penghitungan Sensus AS pada tahun 1951, dan dioperasikan hingga 1963.

Komputer - komputer IBM

IBM memproduksi IBM 605 dan IBM 701 pada tahun 1953-berorientasi aplikasi bisnis dan komputer paling populer hingga 1959. Dikeluarkan untuk menggantikan 705 IBM IBM IBM 701 yang kemudian mengeras di industri pengolahan data.
Komputer generasi II (1959-1964)

Generasi kedua komputer ditandai dengan karakteristik sebagai berikut:

* Menggunakan teknologi dalam bentuk dioda dan transistor sirkuit untuk mengganti tabung vakum.
* Menggunakan tinggi-tingkat pemrograman bahasa operasi seperti FORTRAN dan COBOL.
* Kapasitas memori utama dikembangkan penyimpanan inti magnetik.
* Menggunakan di luar dalam bentuk deposito pita magnetik dan Disk magnetik.
* Kemampuan untuk proses real-time dan real - berbagi.
* Fisik ukuran lebih kecil daripada generasi pertama.
* Proses ini banyak operasi yang lebih cepat, yaitu jutaan operasi per detik.
* Membutuhkan lebih sedikit daya.
* Orientasi program tidah hanya terfokus pada aplikasi bisnis, tetapi juga teknik aplikasi.

UNIVAC III

Tabung dibandingkan lokal, transistor teknologi jauh lebih efisien sebagai saklar dan dapat dikurangi untuk skala mikroskopis. Pada tahun 2001, peneliti Intel telah memperkenalkan silikon paling kecil dan tercepat di dunia, dengan ukuran 20 nanometer ata sebanding dengan milyar meter, yang akan digunakan pada prosesor dengan kecepatan 20 GHz (Giga Hertz). Era ini juga menandakan permulaan munculnya komputer mini yang terbesar kedua di komputer keluarga. Harga lebih murah daripada generasi pertama. DEC PDP - 8 komputer mini pertama dibuat pada tahun 1964 untuk komersial pemrosesan data.

Jenis lain dari komputer yang muncul di generasi ini diantaranta UNIVAC III, UNIVAC SS80, SS90, dan 1107, IBM 7070, 7080, 1400 dan 1600.

Komputer Generasi III (1964-1970)


Ini ketiga - generasi teknologi IC (Integrated Circuit) adalah fitur utama sejak mulai menggunakan pada perangkat komputer untuk generasi sekarang. IC komponen hibrida atau bentuk padat (SLT) dan monolithyc (MST). SLT adalah transistor dan dioda ditempatkan secara terpisah dalam satu tempat sementara MST merupakan unsur transistor, dioda, dan resistor diletakkan bersama-sama dalam satu chip. MST adalah lebih kesil tapi pada kemampuan untuk memiliki lebih dari SLT.

IC pertama diciptakan oleh Texas Istruments dan Fairchild Semiconductor tahun 1959 yang hanya berisi enam transistor. Bahwa kita dapat membandingkan prosesor saat ini yang kami gunakan sudah memiliki jutaan, puluhan, ratusan juta transistor, bahkan telah merancang prosesor dengan miliaran transistor. Perkembangan yang luar biasa dalam waktu kurang dari setengah abad.

Karakteristik komputer generasi ketiga adalah:

* Karena untuk menggunakan IC kinerja komputer menjadi lebih cepat dan lebih akurat. Kecepatan hampir 10.000 kali lebih cepat daripada generasi pertama.
* Perbaikan perangkat lunak.
* Lebih besar kapasitas memori, dan dapat menyimpan ratusan ribu karakter (sebelumnya hanya puluhan ribu).
* Menggunakan media luar disket penyimpanan (disk eksternal) sifat mengakses data acak (random access) dengan kapasitas besar (jutaan karakter).
* Pemakaian listrik lebih efisien.
* Kemampuan untuk multiprocessing dan multitasking.
* Telah menggunakan tampilan visual terminal dan dapat suara.
* Harga semakin lebih murah.
* Kemampuan untuk berkomunikasi dengan komputer lain.

IBM S/360, UNIVAC 1108, UNIVAC 9000, Burroughts 5700, 6700, 7700, NCR abad, GE 600, CDC 3000, 6000 dan 7000, PDP - 8 dan PDP - 11 (Digital Equipment Corporation adalah produsen) adalah contoh contoh ketiga - generasi komputer.


Komputer Generasi IV (1970-1980-an)


Komputer generasi keempat merupakan kelanjutan dari generasi ketiga. Perbedaannya adalah bahwa IC dalam generasi IV yang lebih kompleks dan terpadu. Sejak tahun 1970, ada dua perkembangan yang dianggap sebagai komputer generasi keempat. Pertama, penggunaan besar skala integrasi (LSI) yang juga disebut dengan nama Bipolar integrasi skala besar besar. LSI adalah IC pemadatan ribuan orang yang menempatkan bersama-sama dalam chip IC yang disebut chip. Chip istilah digunakan untuk menunjukkan sebuah lempengan persegi panjang yang berisi sirkuit terpadu IC. LSI dikembangkan menjadi sangat besar skala integrasi (VLSI) yang dapat menampung puluhan ribu hingga ratusan ribu dari IC. Perkembangan lebih lanjut dari komputer mikro yang menggunakan mikroprosesor dan bentuk chip semikonduktor untuk memori internal komputer sementara generasi sebelumnya menggunakan penyimpanan inti magnet.

Komputer generasi IV: Apple II

Intel pada tahun 1971 perusahaan diperkenalkan microcomputer 4-bit prosesor yang menggunakan nama 4004 yang berisi 230 transistor dan berjalan pada 108 KHz (Kilo - Hertz) dan bisa melaksanakan operasi 60.000 per detik. Melanjutkan pada tahun 1972, Intel memperkenalkan microcomputer 8008 yang proses 8 bit informasi pada satu waktu. Selanjutnya mikroprosesor 8080 dibuat pada tahun 1974, dan prosesor untuk keperluan umum pertama. Sebelumnya 4004 dan 8008 prosesor yang dirancang untuk aplikasi spesifik kebutuhan, dan 8080 prosesor memiliki kemampuan lebih cepat dan lebih kaya instruksi set, serta memiliki kemampuan penanganan yang lebih besar. Dalam keempat generasi layar monitor adalah masih satu warna (warna hijau).




Komputer Generasi IV : PDP 11

Komputer-komputer generasi keempat diantaranya adalah IBM 370, Apple I dan Apple II, PDP-11, VisiCalc, dan Altair yang menggunakan prosesor Intel 8080, dengan sistem operasi CP/M (Control Program for Microprocessor), dengan bahasa pemrograman Microsoft Basic (Beginners Allpurpose Symbolic Instruction Code). Sebagai catatan bahwa pada komputer-komputer generasi keempat ini tidak satupun yang PC-Compatible atau Macintosh-Compatible. Sehingga pada generasi ini belum ditentukan standar sebuah komputer terutama personal computer (PC).

Komputer Generasi V (1980-an-sekarang)


Akhir tahun 1980, IBM memutuskan untuk membangun massa komputer pribadi (PC), yang di Agustus 12, 1981 ke komputer PC standar, dan akhirnya ke PC standar sekarang dikenal sebagai IBM - PC. Prosesor yang digunakan adalah 8088 8086 adalah komputer standar saat ini, menggunakan 16-bit waktu base unit. Dengan kelahiran komputer generasi kelima, IBM bekerja dengan Microsoft untuk mengembangkan perangkat lunak di dalamnya. Sampai sekarang, Microsoft mendominasi perangkat lunak kebutuhan PC di dunia.

Perkembangan perubahan besar yang terjadi sejak IBM PC diperkenalkan, dan tidak hanya manufaktur PC - kompatibel, standar baru dalam industri PC lebih dikembangkan oleh perusahaan lain seperti Intel dan Microsoft dipelopori oleh W. Bill Gates adalah pelopor standar perangkat keras dan perangkat lunak dunia.

Di kelima generasi, telah membuat pengembangan persimpangan disebut Josephson, yang akan menggantikan teknologi chip yang memiliki kemampuan proses miliaran operasi per detik, sedangkan chip teknologi tersebut hanya mampu proses miliaran operasi per detik. Komputer generasi ini akan mampu menerjemahkan bahasa manusia, manusia dapat secara langsung berkomunikasi dengan komputer dan penghematan daya komputer. Sifat yang luar biasa disebut sebagai "Kecerdasan buatan", tetapi juga berbasis grafis pengguna antarmuka (GUI), multimedia, dan multikomunikasi.

Contoh dari komputer yang Lahir pada generasi kelima x 86-berbasis, seperti 286 chip diperkenalkan pada tahun 1982 dengan 134,000 transistor, kemudian chip 386 1983 275,000 transistor, sementara chip 486 diperkenalkan pada tahun 1989 yang memiliki 1,2 juta transistor. Kemudian pada tahun 1993 Intel memperkenalkan 586 prosesor keluarga disebut Pentium 1 dengan jumlah transistor 3,1 juta diadakan MIPS 90 (juta instruksi Per Second). Kemudian lanjutkan ke generasi berikutnya dari Pentium 2, 3, dan 4.

Pada akhir tahun 2000, Intel memperkenalkan Pentium 4, yang terakhir di keluarga prosesor Intel dengan 32 - bit arsitektur (IA - 32). Pada tahun 2001 Intel mengumumkan prosesor Itanium adalah prosesor dengan basis 64 - bit arsitektur (IA - 64) pertama. Itanium prosesor Intel pertama dengan 64 - bit petunjuk dan akan bertelur generasi baru dari sistem operasi dan aplikasi, sementara tetap mempertahankan kompatibilitas dengan 32 - bit software. Harap dicatat bahwa sejak dikeluarkannya prosesor 386, komputer beroperasi pada 32 bit per satuan waktu dalam melaksanakan informasi tambahan Pentium 4. Sampai sekarang komputer yang digunakan sebagian besar masih didasarkan 32 bit.

Pentium generasi, selain ciri meningkatkan kecepatan akses data juga ditampilkan gambar memiliki resolusi (kualitas gambar) dan warna baik dan multimedia, dan lebih penting lagi ianya fungsi komputer menjadi lebih cerdas. Meskipun komputer dalam ukuran fisik generasi ini menjadi lebih kecil dan sederhana namun memiliki lebih canggih kemampuan.

Komputer Generasi VI: Masa Depan



Dengan teknologi komputer yang ada saat ini, agak sulit untuk dapat membayangkan bagaimana komputer masa depan. Dengan teknologi yang ada saat ini saja kita seakan sudah dapat “menggenggam dunia”. Dari sisi teknologi beberapa ilmuan komputer meyakini suatu saat tercipta apa yang disebut dengan biochip yang dibuat dari bahan protein sitetis. Robot yang dibuat dengan bahan ini kelak akan menjadi manusia tiruan. Sedangkan teknologi yang sedang dalam tahap penelitian sekarang ini yaitu mikrooptik serta input-output audio yang mungkin digunakan oleh komputer yang akan datang. Ahli-ahli sains komputer sekarang juga sedang mencoba merancang komputer yang tidak memerlukan penulisan dan pembuatan program oleh pengguna. Komputer tanpa program (programless computer) ini mungkin membentuk ciri utama generasi komputer yang akan datang.

Kemungkinan Komputer Masa Depan



Pada prinsipnya, karakteristik komputer masa depan lebih canggih dan lebih murah dan memiliki kemampuan mereka untuk melihat, mendengar, berbicara, dan berpikir dan dapat membuat kesimpulan seperti manusia. Itu berarti komputer memiliki kemampuan mendekat manusia kecerdasan buatan dan perilaku. Lain ditambah lagi, kecerdasan untuk memprediksi suatu peristiwa yang akan terjadi, dapat berkomunikasi langsung dengan orang, dan bentuk yang lebih kecil. Komputer jelas masa depan akan menjadi luar biasa.


0 komentar:

Posting Komentar

Tips Teknologi

10 Cara Mempercepat Kinerja Smartphone Android

Mempercepat Kinerja Android - Sistem operasi android kini semakin populer dan digemari diseluruh dunia. bahkan smartphone android kini mend...

Update Terbaru

Please Do Not Copy Paste
DMCA.com Protection Status