Jenis dan Macam Macam Versi OS Android Terbaru

Macam Macam Versi Android - Android merupakan salah satu os yang kini sedang populer dan dianggap sebagai sistem operasi/os terbaik di dunia. produk ini pertama kali ditemukan pada oktober 2003 oleh beberapa senior lulusan IT, nah selanjutnya pada tahun 2005 google mengakuisisinya, saham android 100% berubah menjadi milik google pada tahun tersebut. google yakin jika pada masa depan android bakal sangat prospek dan merajai os pada ponsel/hp. 

Anggapan tersebut ternyata benar, kini google dengan androidnya menjadi yang terdepan dan terbaik didunia. hampir semua device/gadget terbaru seperti tablet, ipad, hp/smartphone menggunakan os android dengan berbagai macam versi. tipe ponsel yang pertama kali mencicipi os android adalah HTC Dream yang dikeluarkan pada oktober 2008. ini merupakan sejarah munculnya sistem operasi android untuk publik/umum.

Dengan berjalannya waktu, kini google dengan androidnya sudah memiliki beberapa versi android yang kesemuanya diberi nama sesuai dengan makanan. diantaranya adalah android froyo, cupcake, donut, eclair, gingerbread, ice cream sandwich, jelly bean, kit kat. kesemua nama android tersebut diambil dari jenis jenis makanan. nah penasaran dengan macam macam versi android beserta penjelasan dan pengertian lengkapnya, simak ulasan detailnya dibawah ini . . .

Jenis dan Macam Macam Versi OS Android Terbaru :

1. ANDROID VERSI 1.1

Jenis dan Macam Macam Versi OS Android Terbaru

Andoid pertama yaitu versi 1.1 di rilis pada 9 Maret 2009 oleh Google. Android versi ini dilengkapi dengan fitur yang disupport oleh Google Mail Service dengan pembaruan estetis pada aplikasi, jam alarm, voice search (pencarian suara), pengiriman pesan dengan Gmail, dan pemberitahuan email.


2. ANDROID CUPCAKE ( VERSI 1.5 )
Jenis dan Macam Macam Versi OS Android Terbaru

Android Cupcake atau Android Versi 1.5 ,Versi kedua android ini mendukung berbagai fitur yang lebih lengkap diantaranya adalah upload Video ke Youtube atau Gambar ke Picasa langsung dari telepon selular. Bluetooth A2DP yang sudah terintegrasi.

3. ANDROID DONUT ( VERSI 1.6 )

Jenis dan Macam Macam Versi OS Android Terbaru

Satu lagi nama unik os android yaitu android donut. nama lain dari Versi Android 1.6. Android Donut lebih mengembangkan aplikasi - aplikasi standart pada hp diantaranya Proses searching yang lebih baik, Fitur pada galery yang lebih "user friendly", Mendukung Resolusi Layar WVGA, Peningkatan Android Market dan Aplikasi , juga mampu Upgradeable ke versi 2.1 (Eclair).

4. ANDROID ECLAIR ( VERSI 2.0 / 2.1 )

Jenis dan Macam Macam Versi OS Android Terbaru

Versi Android selanjutnya adalahversi 2.0 / 2.1 atau yang disebut juga Android Eclair yang merupakan urutan generasi ke 4 dari banyak versi Android yang ada, terdapat penambahan google map di versi ini., juga beberapa penambahan fitur yang lebih canggih dan bagus seperti Kamera 3,2 Megapixel yang didukung oleh "flash", Daftar kontak baru yang elegan,  HTML5 telah terdukung pada perubahan UI dengan browser baru dan terakhir Bluetooth 2.1 dengan kecepatan trasfer file yang lebih cepat.



5.  ANDROID FROZEN YOGURT / FROYO ( VERSI 2.2 )

versi versi android

Android versi 2.2 Froyo pertamakali diluncurkan pada tahun 2010. android versi ini sudah dilengkapi dengan beragam fitur baru seperti adobe flash dan dikalim memiliki kecepatan 3 sampai 5 kali lebih cepat dari versi terdahulunya. sedangkan fitur terbarunya adalah Mampu merekam video dengan HD Quality, Bisa meletakkan aplikasi di dalam MMC/SD Card, Bisa untuk dijadikan Hotspot, Performa yang meningkat, Kemampuan auto update dalam Android Market
.
6. ANDROID GINGERBREAD ( VERSI 2.3 )

jenis jenis os android

Android versi 2.3 Gingerbread mampu meningkatkan kinerja dan peforma berbagai macam aplikasi atau fitur fitur yang umum dalam device android seperti game, audio, video, kamera dll. Fungsi dan penerapan copy paste juga telah dioptimalkan. Android gingerbread juga sudang mendukung User interface hemat energi, Keyboard virtual dengan word selection, Power Management, App control, Dukungan jumlah kamera yang lebih dari satu

7. ANDROID HONEYCOMB ( VERSI 3.0 / 3.1 )

Jenis dan Macam Macam Versi OS Android Terbaru

Android versi 3.0/3.1 Honeycomb adalah salah satu versi android yang dikhususkan bagi pengguna tablet, os android versi ini tidak bisa digunakan pada ponsel/hp anda. fitur fiturnya juga telah disesuaikan bagi pengguna tablet. sistem ini didesain khusus dengan kecanggihannya membuat tablet anda berjalan dengan kinerja maksimal.

8. ANDROID ICE CREAM SANDWICH / ICS ( VERSI 4.0 )

Jenis dan Macam Macam Versi OS Android Terbaru

Android versi 4.0 Ice Cream Sandwich atau disingkat ICS adalah android pertama yang mempunyai fitur baru membuka kunci dengan pengenalan wajah.android ini juga dikalim mampu menghasilan interface yang lebih halus dan bersih. terdapat juga beberapa penambahan font baru pada android versi ICS ini.

9. ANDROID JELLY BEAN ( VERSI 4.1 )

Jenis dan Macam Macam Versi OS Android Terbaru

Jelly Bean-Android versi 4.1 yang diluncurkan pada acara Google I/O membawa fitur fitur baru yang menawan, beberapa fitur yang diperbaharui dalam sistem operasi ini antara lain, pencarian dengan menggunakan Voice Search yang lebih cepat, informasi cuaca, lalu lintas, hasil pertandingan olahraga yang cepat dan tepat, selain itu versi 4.1 ini juga mempunyai fitur keyboard virtual yang lebih baik. Permasalahan umum yang sering ditemui pengguna Android adalah baterai, namun Baterai dalam sistem Android Jelly Bean versi 4.1 ini diklaim cukup hemat.

10. ANDROID JELLY BEAN ( VERSI 4.2 ) 

Jenis dan Macam Macam Versi OS Android Terbaru

Android versi 4.2 ini merupakan versi terbaru dari versi versi Android sebelumnya. Jelly Bean V.4.2 diklaim lebih pintar dan inovatif dibandingkan dengan pendahulunya. Beberapa fitur yang diperbaharui dalam sistem operasi ini antara lain Notifications, Google Assistant, Face unlock dengan Liveness Check, Barrel Roll, Smart Widget, Google Now, Tehnologi Project Butter untuk meningkatkan responsifitas yang sangat baik, Sistem operasi yang cepat dan Ringan, Full Chrome browser menjejalah internet menggunakan Google Chrome seperti pada PC.

11. ANDROID JELLY BEAN ( VERSI 4.3 )

Jenis dan Macam Macam Versi OS Android Terbaru

Beberapa bulan kemarin google mengeluarkan versi terbaru android jelly bean 4.3, terdapat beragam pembaruan fitur pada versi ini diantaranya adalah teknologi smart bluetooth yang membuat bluetooth aktif tanpa menguras baterai, Mendukung Open GL ES 3.0, performa grafis yang lebih bagus dan realistis. kecepatan kinerja yang luar biasa cepat serta grafis memukau atau lebih halus.

12. ANDROID KITKAT ( VERSI 4.4 )

Jenis dan Macam Macam Versi OS Android Terbaru

Google telah mengeluarkan versi tterbarunya yaitu android kitkat, namun belum banyak user yang sudah merasakannya, masih jarang ponsel/tablet yang mendukung versi android ini dikarenakan peluncurannya masih baru. fitur fitur barunya antara lain Fitur SMS yang terintegrasi langsung kedalam Aplikasi Google Hangouts. Terdapat fasilitas Could Printing, dimana pengguna dapat Printing secara nirkabel / mengirim perintah ke Laptop / PC yang terhubung dengan printer.Desain ikon dan tema yang lebih unik dan realistik.
Mendengarkan perintah suara dari Google Now tanpa menguras daya baterai. Navigasi dan statusbar yang mengalami pembaruan. Interface yang sangat halus. Bisa mengakses aplikasi kamera dari layar yang terkunci.


Nah, itu tadi sekilas informasi update mengenai beberapa daftar versi versi android lengkap dari waktu ke waktu. beserta definisi dan fitur fitur serta pembaruan yang ada dalam masing masing versi. sekian dulu artikel macam macam jenis versi android dari versi pertama hingga versi terakhir/terbaru kali ini, semoga bermanfaat dan terima kasih telah menyimak.


2 komentar:

  1. Gan gambar saya jelly bean versi 4.3 tetapi versi android saya 4.2 bagaimana itu gan saya bigung tolong di jawab lewat email ya gan

    BalasHapus
  2. keren aku os nya lolipop ko disini ga ada

    BalasHapus

Tips Teknologi

10 Cara Mempercepat Kinerja Smartphone Android

Mempercepat Kinerja Android - Sistem operasi android kini semakin populer dan digemari diseluruh dunia. bahkan smartphone android kini mend...

Update Terbaru

Please Do Not Copy Paste
DMCA.com Protection Status